Kamis, 14 Agustus 2008

Inovasi Pendidikan 2

Inovasi Pembelajaran mata kuliah Bahasa Inggris di Filsafat

Bahasa asing khususnya bahasa Inggris merupakan bahasa yang umum digunakan oleh kalangan mahasiswa, banyak buku-buku rujukan atau tambahan dalam setiap mata kuliah di Perguruan Tinggi masih menggunakan bahasa Inggris. karena buku-buku dalam bahasa Indonesia belum cukup memadai untuk menunjang proses pembelajaran dalam perkuliahan. Dan pada umumnya dosen menyarankan mahasiswa untuk membaca buku-buku yang berbahasa Inggris supaya mahasiswa bisa menambah pengetahuan dan menggali informasi lebih mendalam dari apa yang didapatkan dari kuliahnya.

Bahasa Inggris merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam proses pembelajaran di setiap perguruan Tinggi dan fakultas pada khususnya. Fakultas Filsafat misalnya merupakan Fakultas yang kaya akan sumber-sumber literature asli dalam artian masih banyak teks-teks dalam bahasa Inggris yang belum mendapatkan perhatian secara khusus dari mahasiswa.

Permaslahan yang terjadi adalah kurangnya kemampuan mahasiwa untuk bisa membaca, memahami teks-teks bahasa Inggris dan minat membaca yang kurang menyebabkan terjadinya kemiskinan pengetahuan. Karena pembelajaran bahasa Inggris selama ini tidak sesuai dengan bidang Filsafat yang lebih banyak membaca dan menulis. Untuk itu perlu adanya suatu invasi pembelajaran bahasa Inggris yang menekankan ada aspek Reading dan Writing. Aspek ini dapat dicapai melalui tiga tahap. Pertama, mengumpulkan materi dan tutorial di kelas yang dibimbing oleh dosen. Kedua, mahasiswa membuat ringkasan dalam bahasa Inggris dan ketiga, mahasiswa membuat paper dari apa yang telah dibacanya.

Tujuan dari inovasi ini diharapkan. Pertama, mahasiswa mampu menggunakan bahasa Inggris secara baik dan benar. Kedua, mahasiwa terbiasa dengan teks-teks asing dan mampu membuat suatu ringkasan dalam bahasa Inggris,dan yang terakhir meningkatkan efektivitas belajar.

Tidak ada komentar: